Kata-kata hikmah

Selasa, 03 Mei 2011

Teladan Shohabiyah yang Menjaga Perasaan Suaminya

حدثنا محمود: حدثنا أبو أسامة: حدثنا هشام قال: أخبرني أبي، عن أسماء بنت أبي بكر رضي الله عنهما

قالت: تزوجني الزبير، وما له في الأرض من مال ولا مملوك، ولا شي غير ناضح وغير فرسه، فكنت أعلف فرسه وأستقي الماء، وأخرز غربه وأعجن، ولم أكن أحسن أخبز...، وكان يخبز جارات لي من الأنصار، وكن نسوة صدق، وكنت أنقل النوى من أرض الزبير التي أقطعه رسول الله صلى الله عليه وسلم على رأسي، وهي مني على ثلثي فرسخ، فجئت يوما والنوى على رأسي، فلقيت رسول الله صلى الله عليه وسلم ومعه نفر من الأنصار،

فدعاني ثم

قال: (إخ إخ). ليحملني خلفه، قاستحييت أن أسير مع الرجال، وذكرت الزبير وغيرته وكان أغير الناس، فعرف رسول الله صلى الله عليه وسلم أني قد استحييت فمضى،

فجئت الزبير

فقلت: لقيني رسول الله صلى الله عليه وسلم وعلى رأسي النوى، ومعه نفر من أصحابه، فأناخ لأركب، فاستحييت منه وعرفت غيرتك،

فقال: والله لحملك النوى كان أشد علي من ركوبك معه،

قالت: حتى أرسل إلي أبو بكر بعد ذلك خادم يكفيني سياسة الفرس،

فكأنما أعتقني.

Telah menceritakan kepada kami Mahmuud : Telah menceritakan kepada kami Abu Usamah : Telah menceritakan kepada kami Hisyaam, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepadaku ayahku, dari Asmaa’ binti Abi Bakr radliyallaahu ‘anhaa,

ia berkata : “Aku dinikahi oleh Az-Zubair yang tidak memiliki harta dan budak kecuali cucuran keringat dan seekor kuda. Aku bertugas memberi makan dan minum kudanya, mengambil air, memperbaiki embernya, dan membuat adonan roti, namun aku tidak pandai membuat adonan roti. Untungnya aku mempunyai tetangga-tetangga yang baik yang membantuku, yaitu wanita-wanita Anshar. Aku juga bertugas mengangkut biji kurma di atas kepalaku dari kebun Az-Zubair yang telah diberikan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang berjarak 2/3 farsakh.


Pada suatu hari, aku bertemu dengan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam beserta sejumlah orang Anshaar.

Beliau memanggilku

beliau berkata : ‘Ikh, ikh” (menderumkan ontanya) – dengan maksud membawaku di belakangnya. Namun aku malu berjalan bersama orang laki-laki dan aku ingat akan kecemburuan Az-Zubair, karena ia seorang laki-laki pencemburu. Ketika Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengetahui bahwa aku malu, beliau pun terus berlalu.

Aku kemudian menemui Az-Zubair dan

aku berkata kepadanya : “Tadi ketika aku sedang mengangkut kurma di atas kepalaku, aku bertemu dengan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan para shahabatnya, kemudian beliau menderumkan ontanya agar aku naik bersama beliau, namun aku merasa malu dan ingat kecemburuanmu”.

Az-Zubair berkata : “Demi Allah, beban pekerjaanmu mengangkut biji kurma di atas kepalamu lebih berat bagiku daripada engkau naik onta bersama beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam”.

hingga , Abu Bakr memberiku seorang pembantu setelah itu yang menggantikanku mengurus kuda,

seakan-akan ia telah membebaskanku”

[Shahih Al-Bukhaariy no. 5224]

0 komentar:

Posting Komentar

 




Al-faruq Copyright © 2010 Blogger Template Sponsored by Trip and Travel Guide